• Kamis, 18 Agustus 2022

Hari Guru Nasional: Peran Guru Dan Tujuan Pendidikan

- Kamis, 25 November 2021 | 13:47 WIB
Guru dan siswa dalam kelas (Tim Penjedar 2)
Guru dan siswa dalam kelas (Tim Penjedar 2)

PENJEDAR - Hari Guru Nasional kembali diperingati pada 25 November.

Di hari istimewa ini, bagaimana kita melihat peran guru dalam dunia pendidikan modern?

Guru pada umumnya dilihat sebagai spesialis: baik dalam pendidikan; dalam mata pelajaran yang mereka ajarkan; dalam konteks pengajaran mereka; dan atas siswa mereka.

Lebih lagi di dunia sekarang ini, mengajar memiliki wajah yang berbeda, dan seorang guru juga harus menjalankan peran sebagai orang tua eksternal, konselor, mentor, panutan, dan sebagainya.

Dalam perjalanan kemudian, guru dapat menggunakan keahlian dan pengalaman mereka serta bukti untuk membuat keputusan yang tepat tentang praktik mengajar yang dijalankan.

Mereka umumnya melakukannya dengan kompeten, penuh pertimbangan, dan dengan kehati-hatian yang tepat, dengan mempertimbangkan nilai-nilai mereka sendiri dan nilai-nilai siswa mereka dan pemangku kepentingan lainnya.

Mayoritas guru akan sada bahwa proses pengajaran mereka mungkin tidak mencapai hasil yang diinginkan.

Mereka memantau dampak dari pengajaran yang telah diterapkan dari waktu ke waktu, mengevaluasi hasil, dan merespons secara fleksibel jika diperlukan.

Dalam situasi tersebut, pertanyaan yang relevan sekarang bagi guru bukanlah tentang efektivitas tindakan mereka, tetapi tentang nilai pendidikan potensial dari apa yang mereka tanamkan kepada siswa.

Halaman:

Editor: Averio Nadhirianto

Tags

Terkini

This is what made broken home and how to prevent it

Jumat, 18 Februari 2022 | 10:24 WIB

Hari Guru Nasional: Peran Guru Dan Tujuan Pendidikan

Kamis, 25 November 2021 | 13:47 WIB
X