• Jumat, 27 Mei 2022

Katarina yang Agung dan Penaklukannya di Selatan (2)

- Sabtu, 23 Oktober 2021 | 19:00 WIB

Kontribusi terbesar Katarina terhadap peradaban Rusia adalah penaklukannya akan stepa-stepa luas di selatan – daerah yang di kemudian hari akan dikenal sebagai Ukraina. Wilayah itu, yang dihuni oleh saudara sebangsa mereka, masih merupakan bagian dari Kekhanan Krim. Krimea adalah negara yang didirikan oleh wangsa Giray, para penerus Genghis Khan yang memimpin bala tentara nomaden Turki-Mongol. Di tahun 1441, Genghis Khan telah lama mangkat dan kekaisaran yang ia bangun telah lama bubar, tapi para khan Giray berhasil menjaga tahta dan negara mereka dengan cara bersekutu dengan Kekhalifahan Usmaniyah.

Persekutuan ini terbukti awet. Persekutuan ini pula yang merintangi ambisi Katarina yang Agung untuk menaklukan tanah-tanah Slavia di Selatan dan memperoleh akses Rusia ke Laut Hitam. Tapi wilayah yang dikuasai wangsa Giray begitu luas dan bernilai; Katarina tidak bisa mengabaikan perbatasan selatan negerinya begitu saja.

Kesempatan datang ketika suatu insiden perbatasan di Balta memancing Sultan Mustafa III, Khalifah Usmaniyah ketika itu, untuk menyatakan perang kepada Rusia pada tanggal 25 September 1768. Ia juga menjalin hubungan dengan pemberontak Polandia dari Konfederasi Bar.

Dengan dipimpin jenderal legendaris Aleksandr Suvorov, bala tentara Katarina menghabisi para pemberontak Polandia dengan sigap sebelum menyerbu wilayah Krimea. Di pertempuran Larga, Moldova 80 ribu pasukan gabungan Turki dan Krimea dikalahkan oleh Marsekal Rumyantsev dan 38 ribu serdadunya. Dua minggu kemudian, pasukan Rusia kembali mempermalukan pasukan gabungan Turki-Krimea di pertempuran Kagul. Di Kagul, pasukan Rusia yang hanya terdiri dari 42 ribu serdadu mengalahkan pasukan gabungan Turki-Tatar yang mencapai 250 ribu, dengan hanya menderita kehilangan 1500 orang saja.

 

(BERSAMBUNG)

 

Baca Juga: Katarina yang Agung dan Penaklukannya di Selatan (1)

Editor: Tim Penjedar 02

Tags

Terkini

Katarina yang Agung dan Penaklukannya di Selatan (2)

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 19:00 WIB

Katarina yang Agung dan Penaklukannya di Selatan (3)

Jumat, 22 Oktober 2021 | 19:00 WIB

Katarina yang Agung dan Penaklukannya di Selatan (1)

Kamis, 21 Oktober 2021 | 21:02 WIB

Terpopuler

X