• Kamis, 26 Mei 2022

Katarina yang Agung dan Penaklukannya di Selatan (1)

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 21:02 WIB
Perang Turki-Rusia 1768-1774
Perang Turki-Rusia 1768-1774


Penjedar - Katarina yang Agung bukanlah seorang Rusia. Wanita itu, yang kelak akan merajai suatu kekaisaran yang membentang dari Riga dan Helsinki di barat ke Alaska di timur, dan dari tepian kutub utara ke pegunungan Kush di Afghanistan, terlahir dari rahim istri seorang bangsawan Jerman. Ayah Katarina adalah August, Pangeran Anhalt-Zerbst.

Terkecuali gelarnya yang “wah” ia tidak lebih dari salah seorang anak dari ratusan keluarga “pangeran” di Imperium Romawi Suci, yang tanahnya terpencar-pencar lagi sedikit. Katarina tidak akan mendapat apa-apa dari warisan ayahnya itu.

Ia dibaptis dengan cara Lutheran (Kristen Protestan) dengan nama Princess Sophie Friederike Auguste von Anhalt-Zerbst-Dornburg.

Baca Juga: Ekspor Indonesia Meningkat 37,7 Persen, Presiden Dorong Kepala Daerah Fasilitasi Pelaku Usaha

Di usianya yang begitu belia ia telah dijodohkan dengan Charles Peter Ulrich of Schleswig-Holstein-Gottorp, adipati Holstein-Gottorp. Sebagaimana suaminya Katarina dibaptis lagi dalam Gereja Ortodoks Rusia. Namun pernikahan itu tidak bahagia.

Charles Peter, yang di kemudian hari akan diangkat sebagai Peter III, Tsar Rusia, adalah cucu dari Peter yang Agung, tsar Rusia yang menyeret negeri dari keterbelakangan abad pertengahan ke pencerahan ala Eropa.

Tapi sebagaimana Katarina, Peter III juga bukan seorang Rusia; sejak lahir ia dibesarkan di Holstein-Gottorp (sekarang bagian dari Republik Federal Jerman), hanya berbicara bahasa Jerman, dan mencintai kerajaan tetangganya, Prusia.

Baca Juga: Iran Menjadi Tuan Rumah Konferensi Multilateral Membahas Afghanistan

Naiknya Peter III ke tahta kekaisaran di tahun 1762 tidak bertahan lama. Dalam waktu kurang dari enam bulan istrinya sendiri, Katarina, berhasil menghasut pasukan pengawal istana untuk menggulingkan Peter III.

Halaman:

Editor: Tim Penjedar 02

Tags

Terkini

Katarina yang Agung dan Penaklukannya di Selatan (2)

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 19:00 WIB

Katarina yang Agung dan Penaklukannya di Selatan (3)

Jumat, 22 Oktober 2021 | 19:00 WIB

Katarina yang Agung dan Penaklukannya di Selatan (1)

Kamis, 21 Oktober 2021 | 21:02 WIB

Terpopuler

X