• Jumat, 27 Mei 2022

Abdul Wahab dan Wahabisme Sebagai Ideologi Politik: Sejarah Transformasi (V-Habis)

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 14:54 WIB
Raja Saud dalam sebuah kunjungan kenegaraan (Instagram @Saudi_history)
Raja Saud dalam sebuah kunjungan kenegaraan (Instagram @Saudi_history)

 


Penjedar - Perubahan watak gerakan Wahabi menjadi gerakan politik bermula ketika Muhammad bin Abdul Wahhab bekerja sama dengan Muhammad bin Saud pada tahun 1745 di wilayah Diriyah. 

Keduanya mengganggap kerjasama ini diperlukan demi memenuhi tujuan mereka masing-masing, di satu pihak Muhammad bin Abdul Wahhab saat itu mendapat beberapa penolakan hingga ancaman terhadap gerakan islam lain yang terlalu menganggap aliran ini terlampau ekstrem, sedangkan Muhammad bin Saud hendak melakukan ekspansi namun tidak memiliki kapabilitas militer memadai.

Baca Juga: Abdul Wahab dan Wahabisme Sebagai Ideologi Politik: Sejarah Transformasi (III)

Kerjasama ini kemudian membuat Muhammad bin Saud memiliki beberapa tambahan pasukan dan penduduk kota. Kolaborasi kerjasama mereka berdampak kepada peningkatan jumlah pendukung dan perubahan sosial-politik di Semenanjung Arab.

Keduanya kemudian terus melakukan perluasan wilayah hingga akhirnya berhasil menguasai wilayah Hijaz yang sebelumnya dikuasai oleh Kekaisaran Turki Usmani.

Mengetahui kejadian tersebut, pihak Usmani tidak tinggal diam dan akhirnya  menyerang wilayah Diriyah pada tahun 1818 yang menyebabkan Pangeran Saud dipenjarakan.

Baca Juga: Abdul Wahab dan Wahabisme Sebagai Ideologi Politik: Sejarah Transformasi (II)

Meski begitu, Kerajaan Saud berhasil menguasai kembali wilayah tersebut yang kemudian akhirnya diserang oleh Kerajaan Rasyid untuk merebutnya kembali. Serangan dari Kerajaan Rasyid tersebut kemudian membuat Kerajaan Saud dan Wahabi menepi ke Kuwait pada akhir tahun 1800-an selama  bertahun-tahun.

Kemudian pada 1902, cucu Saud bernama Abdulaziz atau lebih dikenal sebagai Ibnu Saud mengakhiri pengasingan diri keluarga Saud dengan kembali ke wilayah Najd untuk mengembalikan kejayaannya yang hilang.

Halaman:

Editor: Averio Nadhirianto

Tags

Terkini

Katarina yang Agung dan Penaklukannya di Selatan (2)

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 19:00 WIB

Katarina yang Agung dan Penaklukannya di Selatan (3)

Jumat, 22 Oktober 2021 | 19:00 WIB

Katarina yang Agung dan Penaklukannya di Selatan (1)

Kamis, 21 Oktober 2021 | 21:02 WIB

Terpopuler

X