• Jumat, 27 Mei 2022

Abdul Wahab dan Wahabisme Sebagai Ideologi Politik: Sejarah Transformasi (IV)

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 17:00 WIB
Raja Abdulaziz (Instagram @Saudi_history)
Raja Abdulaziz (Instagram @Saudi_history)


Penjedar - Dalam lanskap sosio-politik seperti inilah kemudian wilayah Diriyah tumbuh sebagai daerah “terpinggirkan”dan terbelakang dari Kekaisaran Usmani.

Keluarga Muraydi tidak lebih dari salah satu dari banyak suku Badui kecil yang tinggal di Najd dan tidak memiliki dominasi atas suku-suku lainnya dengan Mani Muraydi sebagai kepala sukunya.

Dalam masyarakat Badui, seorang pemimpin dari suatu suku atau klan disebut dengan syekh, yang mana kepemimpinannya disetujui secara sukarela oleh kelompoknya dan pembuatan keputusan dilakukan oleh syaikh setelah mendapatkan nasehat dari dewan yang terdiri dari individu atau tokoh-tokoh dalam klan.

Baca Juga: Abdul Wahab dan Wahabisme Sebagai Ideologi Politik: Sejarah Transformasi (I)

Keturunan Muraydi terus menjadi penguasa wilayah kecil tersebut selama beberapa abad setelahnya. Tidak ada perkembangan berarti dalam klan selama waktu-waktu setelah wafatnya Muraydi.

Akhirnya, pada pertengahan abad ke-18, salah satu keturunan Muraydi, Muhammad bin Saud mendeklarasikan pendirian klan Saud dengan mengambil nama ayahnya, Saud bin Muhamman Muqrin.

Saat awal pendirian, klan Saud masih tetap merupakan suku kecil yang tidak memiliki pengaruh politik yang signifikan di wilayah Najd dan masih terdiri dari para penggembala dan pedagang kecil tanpa kemampuan militer.

Baca Juga: Pecahkan Rekor, Pria Asal Bandung Raih 100 Gelar Akademik dan Sertifikasi Profesi

Muhammad bin Saud memiliki satu visi besar yaitu “mempersatukan” seluruh suku-suku di seluruh semenanjung Arabia dibawah kekuasaannya. Kata “mempersatukan” ini tentulah harus dimaknai sebagai “menaklukkan”.

Halaman:

Editor: Averio Nadhirianto

Tags

Terkini

Katarina yang Agung dan Penaklukannya di Selatan (2)

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 19:00 WIB

Katarina yang Agung dan Penaklukannya di Selatan (3)

Jumat, 22 Oktober 2021 | 19:00 WIB

Katarina yang Agung dan Penaklukannya di Selatan (1)

Kamis, 21 Oktober 2021 | 21:02 WIB

Terpopuler

X