• Kamis, 26 Mei 2022

Abdul Wahab dan Wahabisme Sebagai Ideologi Politik: Sejarah Transformasi (III)

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 17:15 WIB
Raja pertama Arab Saudi Modern, Abdulaziz Al Saud (Instagram @saudi_history)
Raja pertama Arab Saudi Modern, Abdulaziz Al Saud (Instagram @saudi_history)

Penjedar - Dinasti Al Saud Prawahabi

Klan Al Saud yang sekarang menjadi pemegang kekuasaan Kerajaan Arab Saudi pada awalnya adalah sebuah kelompok yang mendiami wilayah kecil bernama Diriyah yang terletak tepat di tengah Najd dan terletak tidak jauh dari ibukota Riyadh sekarang.

Diriyah sendiri didirikan oleh Mani Al Muraydi, ia merupakan leluhur tertua dari klan Al Saud yang diketahui dan hidup pada abad ke-15.

Muraydi menamakannya Diriyah sebagai bentuk penghormatan atas Ibnu Dir, penguasa setempat sekaligus kerabat yang mengundangnya untuk datang ke wilayahnya saat itu dan memberinya tanah dan kebun pohon kurma yang kemudian dijadikan daerah Diriyah pada tahun 1446 Masehi.

Baca Juga: Abdul Wahab dan Wahabisme Sebagai Ideologi Politik: Sejarah Transformasi (I)

Muraydi sendiri berasal dari wilayah Qatif yang terletak di pantai timur jazirah Arab.

Apabila dilihat dari peta, Diriyah dan sekitarnya adalah wilayah yang tidak signifikan saat itu karena sangat terpencil dan tidak memiliki potensi ekonomi maupun posisi strategis untuk dijadikan daerah kekuasaan politik.

Pada abad ke-16, Kekaisaran Turki Usmani memasukkan seluruh tanah Arabia kedalam wilayahnya, tidak terkecuali Najd dan Diriyah. Namun, sesungguhnya Usmani dapat dikatakan tidak pernah benar-benar memiliki kontrol faktual yang kuat atas wilayah Najd karena setidaknya tiga faktor.

Pertama, Diriyah terletak tepat di tengah-tengah wilayah geografis jazirah Arab, dengan vegetasi gurun yang sangat gersang dan panas menjadikannya cukup sulit untuk diakses oleh siapapun.

Halaman:

Editor: Averio Nadhirianto

Tags

Terkini

Katarina yang Agung dan Penaklukannya di Selatan (2)

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 19:00 WIB

Katarina yang Agung dan Penaklukannya di Selatan (3)

Jumat, 22 Oktober 2021 | 19:00 WIB

Katarina yang Agung dan Penaklukannya di Selatan (1)

Kamis, 21 Oktober 2021 | 21:02 WIB

Terpopuler

X