• Selasa, 6 Desember 2022

Presiden Lebanon Ingin Perbaikan Hubungan Segera dengan Arab Saudi

- Selasa, 2 November 2021 | 10:15 WIB
Presiden Lebanon, Michel Aoun dalam konferensi pers (Instagram @lbpresidency)
Presiden Lebanon, Michel Aoun dalam konferensi pers (Instagram @lbpresidency)

PENJEDAR - Para politisi Lebanon kini sedang berjuang menyelesaikan krisis diplomatik dengan Arab Saudi dan negeri Teluk lain setelah Uni Emirat Arab (UAE) mengikuti langkah Riyadh dalam memprotes Beirut soal komentar menteri kabinetnya tentang perang di Yaman.

Presiden Michel Aoun mengatakan pada hari Minggu bahwa ia ingin menciptakan "hubungan terbaik" dengan Arab Saudi, demikian dilaporkan National News Agency selagi anggota kabinet mengadakan pertemuan guna menangani ketegangan diplomatik yang memuncak.

Aoun juga mengatakan bahwa ia ingin menginstitusionalisasikan hubungan dengan monarki-monarki Teluk melalui penandatanganan perjanjian bilateral menurut NNA, sehingga "posisi dan opini yang dikeluarkan sekelompok orang tidak memengaruhi hubungan mereka dan memicu krisis antara kedua negara, terutama karena isu ini telah diulang lebih dari satu kali".

Baca Juga: Setelah Berikan Pinjaman Modal, China Miliki 40 Persen Saham Kereta Cepat Jakarta Bandung

Krisis ini muncul terutama dari wawancara televisi yang disiarkan minggu lalu di mana Menteri Informasi Lebanon George Kordahi mengkritik koalisi militer pimpinan Arab Saudi di Yaman, ia mengatakan bahwa kelompok Houthi yang didukung Iran "sedang mempertahankan diri melawan agresor dari luar".

Kordahi, yang didukung Hezbollah (yang juga didukung Iran), mengatakan bahwa wawancara tersebut telah direkam sebulan sebelum dirinya ditunjuk sebagai menteri. Sejauh ini Kordahi masih menolak meminta maaf atau mengundurkan diri karena komentarnya tersebut.

Komentar tersebut memicu pukulan terberat bagi relasi Saudi-Lebanon sejak penahanan Mantan Perdana Menteri Saad al-Hariri di Riyadh tahun 2017.***

Artikel ini diterjemahkan dari tulisan Al Jazeera berjudul Lebanese president says he wants ‘best relations’ with Saudis

Editor: Muhammad Abdul Qoni Akmaluddin

Sumber: Al Jazeera

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Erling Haaland Akan Jadi Pemain Termahal Di Dunia

Minggu, 28 November 2021 | 21:38 WIB

Ralf Rangnick Mata Duitan – Nikolai Naumov

Jumat, 26 November 2021 | 17:14 WIB
X