• Minggu, 3 Juli 2022

Biden dan Erdogan Bahas HAM dan Jet F-16 di G20 Roma

- Senin, 1 November 2021 | 15:06 WIB
Joe Biden (AFP)
Joe Biden (AFP)

PENJEDAR - Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengadakan pembicaraan bilateral dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan di sela-sela pertemuan G20 Roma yang diwarnai oleh isu-isu HAM dan permintaan Turki terhadap jet tempur F-16 AS.

Biden memberitahu Erdogan pada hari Minggu bahwa permintaan F-16nya harus melewati proses di AS dan menghendaki ditanganinya perselisihan pendapat antara dua negara ditangani secara efektif.

Kedua pemimpin bertemu di tengah-tengah ketegangan yang mewarnai hubungan kedua negara mengenai isu pertahanan dan HAM. Kongres AS telah menolak penjualan F-16 dengan alasan bahwa Turki membeli sistem misil pertahanan Rusia.

Baca Juga: Kiamat Iklim Menanti: Dunia Menghadapi Peningkatan Suhu 2.7 Derajat Celsius

Pejabat lain pemerintah AS mengatakan di hari Sabtu bahwa Biden akan memperingatkan Erdogan bahwa perbuatan "gegabah" apapun tidak akan menguntungkan hubungan AS-Turki dan bahwa krisis harus dihindari setelah Erdogan mengancam akan mengusir duta besar AS untuk Turki dan utusan asing lain karena menginginkan dilepaskannya filantropis Osman Kavala yang masih ditahan.

Erdogan kemudian menarik kembali ancamannya mengusir para utusan. Kantor Kepresidenan Turki mengatakan bahwa pertemuan tersebut "berlangsung dalam atmosfer yang positif".

Baca Juga: Mesir Akhir Darurat di Negaranya Setelah 4 Tahun

"Kedua pemimpin menunjukkan komitmen bersama untuk memperkuat hubungan Turki-AS menyepakati dibuatnya mekanisme bersama untuk melaksanakannya.

"Selain menegosiasikan langkah-langkah yang diperlukan oleh kedua negara, sejalan dengan pandangan bersama untuk peningkatan target perdagangan bilateral per volume yang disepakati bersama, mereka menekankan pentingnya aliansi NATO dan kemitraan strategis," demikian pernyataan tersebut.***

Artikel ini diterjemahkan dari tulisan Al Jazeera berjudul Biden, Erdogan discuss F-16 fighter jets and human rights

Halaman:

Editor: Muhammad Abdul Qoni Akmaluddin

Sumber: Al Jazeera

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Erling Haaland Akan Jadi Pemain Termahal Di Dunia

Minggu, 28 November 2021 | 21:38 WIB

Ralf Rangnick Mata Duitan – Nikolai Naumov

Jumat, 26 November 2021 | 17:14 WIB

Biden dan Erdogan Bahas HAM dan Jet F-16 di G20 Roma

Senin, 1 November 2021 | 15:06 WIB

Terpopuler

X